OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING TOKO CAHAYA COMPCELL

Penulis

  • Ni Made Sunarsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Aldi Tulus Santika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Google Maps, Media Sosial, Promosi Diskon

Abstrak

Cahaya Compcell merupakan usaha yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan mengalami perubahan seiring waktu. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman karyawan dalam memanfaatkan pemasaran digital, belum terdaftarnya toko di Google Maps, serta minimnya promosi yang membuat toko kurang dikenal masyarakat. Solusi yang diberikan meliputi pelatihan pemasaran digital, promosi melalui media sosial, pendaftaran toko di Google Maps, dan pemasangan banner informasi. Metode pelaksanaan dilakukan melalui pelatihan langsung kepada karyawan mengenai cara promosi di Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business, pendampingan pembuatan konten, serta pembuatan akun dan pendaftaran di Google Maps. Hasil program menunjukkan adanya peningkatan pemahaman karyawan terhadap digital marketing, meningkatnya aktivitas promosi online, dan kemudahan konsumen dalam menemukan toko melalui Google Maps. Konsumen juga menunjukkan respons positif terhadap promosi bundling dan diskon. Kesimpulannya adalah strategi yang diterapkan berhasil meningkatkan daya saing toko. Saran ke depan adalah melanjutkan pendampingan serta menjaga konsistensi dalam pelayanan dan promosi agar toko semakin dikenal luas di era digital.

Referensi

Dwiansyah, A., Putri, S. A. E., Cahyani, A., Apriani, G., Pernandes, J., Manah, A. G., Nisa, F. K., Lestari, R. P., & Kaurany, J. ringga. (2024). Pengabdian kepada Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sumber Arum Dusun 1 Community Service through Real Work College (KKN) Activities in Sumber Arum Dusun 1 Village. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5444–5453. https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Herdiansah, A. G. (2021). Pengembangan Potensi Kewirausahaan Dengan Prinsip Penta Helix Di Desa Margamekar Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 539–547. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.31078

Muna, C. (2022). EKSISTENSI PERAN MAHASISWA DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 01(01), 32–50. https://ejcs.eastasouth-institute.com

Muniarty, P., Pratiwi, A., & Rimawan, M. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. JE (Journal of Empowerment), 2(2), 172–182. https://doi.org/10.35194/JE.V2I2.1586

Nurdin, N. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Dalam Konsep Dan Implementasi. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 01–15. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.211

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Sunarsih, N. M. ., & Santika, I. P. A. T. . (2025). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING TOKO CAHAYA COMPCELL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 339–348. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11660