PERBERDAYAAN USAHA BATIK MELALUI OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DAN PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI YANG EFISIENSI PADA PERUSAHAAN SARI AMERTA BATIK COLLECTION

Penulis

  • Ni Luh Gede Putu Purnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Dinda Ayu Suastini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Branding, Administrasi, Batik

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sari Amerta Batik Collection, sebuah perusahaan batik yang berlokasi di kawasan pariwisata Bali. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan efektivitas pemasaran digital, efisiensi administrasi, dan kualitas proses produksi perusahaan. Permasalahan yang diidentifikasi antara lain belum optimalnya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi, belum adanya identitas visual perusahaan yang kuat, serta pencatatan penjualan yang masih dilakukan secara manual, serta tidak adanya celemek kerja untuk pengrajin batik. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, pendampingan, dan penyuluhan secara langsung kepada staf perusahaan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman staf terhadap pentingnya branding, penggunaan sistem pencatatan berbasis komputer, serta keterampilan dalam mengelola konten digital melalui media sosial. Selain itu, desain logo baru dan penyediaan celemek kerja fungsional turut meningkatkan profesionalitas dan produktivitas kerja. Diharapkan, melalui kegiatan ini, perusahaan mampu menghadapi tantangan pasar dengan strategi yang lebih modern, efisien, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

Referensi

Amaliyah, E. D. E., Rohmawati, L., Prabasari, B., & Niati, A. (2024). Edukasi Kemandirian Finansial dan Pelatihan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Pincushion Cupcake dan Digital Marketing. Jurnal Surya Abdimas, 8 (2), 189–199.

Deb, S.K., Nafi, S.M. and Valeri, M. (2024). Promoting tourism business through digital marketing in the new normal era: a sustainable approach. European Journal of Innovation Management, 27 (3), 775–799.

Fanreza, Robie, and Rivani Shilvana. 2021. “Melatih Pelaku UMKM Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya.” Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan2(1): 1179–84.

Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Bahriyyah, H. Al. (2024). Perancangan Kemasan Sebagai Identitas dan Promosi pada UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 2019– 2031.

Nasution, S., Mu’arrif, Z. I., Harahap, S. B., & Bustami, B. (2024). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 58-71.

Primastiwi, A., Inayah, D. T. I., Putry, N. A. C., Hasanah, K. N., & Sufianah, A. (2021). Peluang Bisnis Batik Jumputan Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 5, 252–259

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Purnawati, N. L. G. P. ., & Suastini, D. A. . (2025). PERBERDAYAAN USAHA BATIK MELALUI OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL DAN PENGELOLAAN PROSES PRODUKSI YANG EFISIENSI PADA PERUSAHAAN SARI AMERTA BATIK COLLECTION. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 159–165. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11624