PENINGKATAN BRANDING DAN PEMASARAN DIGITAL SIXOGRAPH MELALUI MEDIA SOSIAL
Kata Kunci:
Media Sosial, Branding, pemasaran digitalAbstrak
Pengabdian masyarakat menjadi strategi adaptif dalam menjawab kebutuhan pembelajaran berbasis praktik di era digital. Pengabdian dilaksanakan di Sixograph, sebuah usaha percetakan digital di Denpasar Selatan, Bali, dengan fokus pada peningkatan kapasitas branding dan pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, analisis permasalahan, serta pelatihan pembuatan konten visual dan pengelolaan media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kualitas dan konsistensi konten, serta peningkatan interaksi dengan audiens melalui platform seperti Instagram dan TikTok. Tantangan yang dihadapi berupa keterbatasan waktu, sumber daya manusia, serta keberlanjutan praktik pasca pelatihan. Solusi diupayakan melalui pendekatan pendampingan langsung dan penyusunan sistem manajemen konten sederhana. Kegiatan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi mitra UMKM, tetapi juga menjadi wadah nyata bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu ekonomi dan bisnis secara langsung. Pengabdian masyarakat ini membuktikan bahwa dapat menjadi sarana kolaboratif yang efektif antara dunia akademik dan pelaku usaha dalam mendukung transformasi digital UMKM.
Referensi
Anggraeni, Intan, and K. Y. S. Putri. 2022. “Pengaruh Komunikasi Endorser Pada Media Instagram Terhadap Brand Awareness.” Jurnal Common 6(1):32–42. doi: 10.34010/common.v6i1.7059.
Friska Angela, Vivi. 2023. “Analisis Peran Media Sosial Dalam Pengaruh Politik Menjelang Pemilu.” Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin 10(1):555–64. doi: 10.37304/wacana.v10i1.9604.
Ihsan, Muhammad, and Ricardi S. Adnan. 2022. “Media Sosial Twitter Sebagai Ruang Publik Virtual (Studi Kasus Penolakan Omnibus Law).” Journal of Syntax Literate 7(3):1–23.
Kezia Kawengian, Mariam Sondakh, Elfie Mingkid. 2021. “Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Pada Remaja Di Kelurahan Pakowa.” Ejournal.Unsrat.Ac.Id 2(5):45–57.
Liedfray, Tongkotow, Fonny J. Waani, and Jouke J. Lasut. 2022. “Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.” FISPOL-Unsrat 2(1):1–13.
Puspita, Dian, Leni Anggraeni, Andri Ardiansyah, Danny Rahmatullah, Miftahurrofiq Asid-Qi, Komariyah, and Khoirul Asrori. 2023. “Sosialisasi Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Bagi Pelaku UMKM.” Journal Of Indonesian Social Society (JISS) 1(1):07–10. doi: 10.59435/jiss.v1i1.20.
Ratnamulyani;Beddy, Iriawan;Maksudi;Ike Atikah. 2018. “The Role of Social Media in the Improvement of Selected Participation of Students Based on Students in Bogor Regency.” Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora 20(2):154–61.
Tantia, Andini Carla, and Dea Mustika. 2023. “Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Berbahasa Siswa Kelas IV SDN 018 Pekanbaru The Impact of Tiktok Social Media on the Language Behavior of Grade IV Students at SDN 018 Pekanbaru.” 1:1–9.
Zuhriyah, Ainu, and Abdul Basith. 2023. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Pergeseran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Farmasi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.” Journal on Education 5(4):10844–50. doi: 10.31004/joe.v5i4.2001.