STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN PENERAPAN STRANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) KARYAWAN PADA BALIWID VILLA UBUD GIANYAR BALI
Kata Kunci:
Standart Operating Procedure, Industri Pariwisata, Pemasaran OnlineAbstrak
Industri pariwisata adalah kumpulan usaha yang fokus pada layanan, promosi, dan pengembangan yang berkaitan dengan perjalanan dan wisata. Dalam konteks ini, villa merupakan salah satu jenis penginapan yang sangat populer di kalangan wisatawan, terutama destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. Villa ini menawarkan suasana yang tenang dan tenteram, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sehingga menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari kenyamanan dan privasi selama berlibur. Salah satu usaha penginapan yang menyediakan fasilitas yang lengkap dan suasana yang asri adalah Baliwid Villa Ubud Gianyar. Baliwid Villa Ubud Gianyar sebuah usaha penginapan yang beralamat di Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar Bali 80582. Dalam operasionalnya, Baliwid Villa Ubud Gianyar belum memiliki SOP kerja yang tertulis yang dapat mengarahkan karyawannya untuk melakukan suatu pekerjaan dengan efektif. Selain itu, Baliwid Villa Ubud Gianyar hanya melakukan promosi dengan wisatawan yang berkunjung ke Sumampan waterfall saja. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dari Baliwid Villa Ubud Gianyar adalah melakukan observasi secara langsung terhadap masalah kemudian dianalisa secara mendalam untuk ditemukan solusi permasalhannya. Beberapa langkah yang dilakukan dalam pelaksanaan program kerja untuk menyelesaikan permasalahan tersebut antara lain: sosialisasi, pelatihan, penyebaran poster terakit SOP kerja dan pemanfaat media sosial untuk meningkatkan pemasaran. Setelah pelaksanaan program kerja, kinerja Baliwid Villa Ubud Gianyar berjalan lebih baik. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam kelancaran program kerja seperti dukungan dari pimpinan Baliwid Villa Ubud Gianyar dan antusias karyawan untuk mengikuti program kegiatan.
Referensi
Atmoko, T. (2011). Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Unpad, Bandung.
Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). Manajemen villa menggunakan java netbeans dan mysql. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(2), 104-110.
Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50.
Gabriella, D., & Delliana, S. (2024). Content Analysis Of Approach Messages On Live Streaming Content On Online Shop Accountin In Tiktok Shop: Analisis Isi Message Approach Pada Konten Live Streaming Akun Online Shop Di Tiktok Shop. Kaganga Komunika: Journal of Communication Science, 6(1), 35-52.
Taufiq, A. R. (2019). Penerapan standar operasional prosedur (SOP) dan akuntabilitas kinerja Rumah Sakit. Profita: Komunikasi Ilmiah dan Perpajakan, 12(1), 56-66.