STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KSU FAJAR EMAS SEJAHTERA MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Penulis

  • I Kadek Bagiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Kerisna Yanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Koperasi, Pelatihan SDM, Kualitas Layanan, Pengembangan Karyawan

Abstrak

KSU Fajar Emas Sejahtera, sebuah koperasi simpan pinjam, menghadapi tantangan dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggotanya di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, analisis dokumen, dan survei kepuasan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan yang fokus pada peningkatan keterampilan teknis dan interpersonal karyawan berhasil meningkatkan kompetensi dan motivasi mereka, yang berdampak positif pada kualitas pelayanan. Pembenahan sistem dan prosedur kerja juga berkontribusi pada efisiensi operasional dan akurasi data. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan anggaran, program pelatihan dan pengembangan SDM yang terstruktur dan berkelanjutan terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan anggota dan memperkuat posisi koperasi dalam jangka panjang. Rekomendasi untuk KSU Fajar Emas Sejahtera termasuk penjadwalan pelatihan yang lebih fleksibel, dukungan manajemen yang kuat, dan evaluasi berkala terhadap program pelatihan.

Referensi

Hamidi, I., Bashir, A., Atiyatna, D. P., Sukanto, S., & Mukhlis, M. (2020). Pelatihan Manajemen Koperasi Syariah di Desa Kerinjing, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(1), 9-16.

Kumala, D., Novianti, Y., & Safitri, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 6-9.

Mahendrawati, N. L. M., Mandasari, I. C. S., & Sukandia, I. N. (2021). Pengabdian Kemitraan Masyarakat Pada Koperasi Simpan Pinjam. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 265-272.

Muanas, M., Mulia, I., & Pamungkas, B. (2020). Peningkatan Pemahaman Pembukuan Koperasi Melalui Pemograman Sederhana. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 185-196.

Priandika, A. T., & Setiawansyah, S. (2023). Digitalisasi Aplikasi Keuangan Untuk Koperasi pada Dinas UMKM Provinsi Lampung.Jurnal Abdimas Teknologi Informasi Dan Digitalisasi, 1(1), 17-23.

Siregar, M. I., Saggaf, A., Patmawati, P., Rahmawati, M., & Hidayat, M. (2022). Sosialisasi Laporan Keuangan Koperasi di Koperasi Unit Desa Muara Penimbung Ogan Ilir. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 6(1), 28-35.

Wasiaturrahma, W., Sulistyowati, C., Heriyati, D., & Ajija, S. R. (2020). Peningkatan Kinerja Koperasi Melalui Pendampingan Manajemen Keuangan Pada Koperasi 64 Bahari Surabaya. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(1), 256-267.

Yudhinanto, C. N., & Sagita, H. (2023). Sosialisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Koperasi KSOP Betik Hati Bandar Lampung. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 102-107.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Bagiana, I. K. ., & Yanti, G. A. K. (2024). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KSU FAJAR EMAS SEJAHTERA MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 1189–1196. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10494