MEMAKSIMALKAN PENJUALAN BHUMIMI KEBAYA DENGAN PEMASARAN DIGITAL: FOKUS PADA MEDIA SOSIAL DAN KONTEN VIDEO

Penulis

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Diah Kencana Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Fashion, Marketing Online, Media Sosial, Video

Abstrak

Faktor-faktor seperti media massa dan kemajuan teknologi digital telah mendorong pertumbuhan industri fashion Indonesia yang pesat. Butik Bhumimi Kebaya di Denpasar, Bali, bagaimanapun, menghadapi kesulitan dalam menggunakan media sosial untuk memasarkan produk tradisionalnya. Permasalahan utama yang dihadapi oleh karyawan adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan pemasaran digital, yang dapat menghambat pertumbuhan perusahaan. Tujuan program ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kesulitan dalam pemasaran Bhumimi Kebaya melalui media sosial dan konten video. Wawancara, diskusi, dan observasi langsung digunakan untuk mengidentifikasi masalah ini. Selain itu, staf akan dilatih dalam strategi pemasaran digital. Pengembangan strategi konten, penggunaan iklan berbayar, pembuatan konten video yang beragam, dan pelatihan karyawan yang berkelanjutan adalah beberapa solusi yang tersedia. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan kualitas konten, kreativitas, dan keterampilan karyawan dalam pemasaran digital, serta peningkatan keterlibatan di media sosial. Semua ini berkontribusi pada peningkatan visibilitas merek dan penjualan Bhumimi Kebaya.

Referensi

Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4(5).

Fadzri Kusuma, A., & Wijaya, T. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli: Peran Mediasi Citra Merek. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(1). Https://Doi.Org/10.12928/Fokus.V12i1.5717

Ghozali, I. (2018). Ghozali 2018. In Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Kusuma, N. F. P., & Hasanah, Y. N. (2023). Pengaruh Brand Ambasador Nctdream Dan Ewom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Produk Somethinc. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 10(2).

Misbakhudin, A., & Komaryatin, N. (2023). Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12(2). Https://Doi.Org/10.46367/Iqtishaduna.V12i2.1572

Raharjo, S. T. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi Pada Lazada. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).

Ray, S., & Nayak, L. (2023). Marketing Sustainable Fashion: Trends And Future Directions. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 15, Issue 7). Https://Doi.Org/10.3390/Su15076202

Rosdiana, N., Lubis, F. A., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Strategi Marketing Mix Pada Toko Gopek Fashion. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30).

Sanjaya, S., & Budiono, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Sosial Media Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Di Mediasi Kepercayaan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(4). Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V3i4.13510

Siagian, H., Tarigan, Z. J. H., Basana, S. R., & Basuki, R. (2022). The Effect Of Perceived Security, Perceived Ease Of Use, And Perceived Usefulness On Consumer Behavioral Intention Through Trust In Digital Payment Platform. International Journal Of Data And Network Science, 6(3). Https://Doi.Org/10.5267/J.Ijdns.2022.2.010

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifo Title. In Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Ribek, P. K. ., & Putri, I. A. M. D. K. . (2024). MEMAKSIMALKAN PENJUALAN BHUMIMI KEBAYA DENGAN PEMASARAN DIGITAL: FOKUS PADA MEDIA SOSIAL DAN KONTEN VIDEO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 739–747. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10290