STRATEGI PENINGKATAN LAYANAN PELANGGAN DAN MENINGKATKAN MOTIVASI KARYAWAN PADA TOKO DITA GROSIR BLAHKIUH
Kata Kunci:
Strategi Layanan Pelanggan, Motivasi Karyawan, Kepuasan PelangganAbstrak
Pelayanan pelanggan yang efektif dan motivasi karyawan yang tinggi merupakan faktor kunci dalam keberhasilan operasional suatu usaha. Layanan pelanggan yang baik merupakan kunci dalam mempertahankan dan menarik pelanggan baru, sementara motivasi karyawan yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei, observasi dan wawancara langsung di toko Dita Grosir . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berkala, penghargaan atas kinerja, serta lingkungan kerja yang kondusif berperan penting dalam meningkatkan motivasi karyawan. Selain itu, penerapan strategi layanan pelanggan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan, respons yang cepat dan pendekatan yang ramah mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan implementasi strategi ini, diharapkan toko Dita Grosir dapat meningkatkan kinerja bisnisnya secara signifikan. Peserta terdiri dari 2 orangyaitu 1 ketua dan 1 anggota.
Referensi
Desky, F. (2019, December). Strategi Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banda Aceh Unit Layanan Pelanggan (ULP) Merduati Kota. In Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA) (Vol. 3, No. 1, pp. 442-454).
Mardiana, I., Kasmir, K., & Safuan, S. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi terhadap Kinerja melalui Motivasi Karyawan SIMPro PT. Solusi Inti Multiteknik. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 588-605.