STUDI KOMPARATIF: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT DAN ST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9868Keywords:
Efektivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Model TGT, Model Snowball ThrowingAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa akibat model pembelajaran yang kurang bervariatif. Padahal, proses pembelajaran menentukan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran TGT dan ST apabila ditinjau dari hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan Garis Lurus. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran TGT dan ST. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Experiment dengan Posttest Only Control Group Design. Dari 8 kelas dalam populasi, 2 kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelompok eksperimen-1 (kelas 8C) menggunakan model pembelajaran TGT, sementara kelompok eksperimen-2 (kelas 8D) menggunakan model pembelajaran ST. Pengumpulan data dilakukan menggunakan posttest. Berdasarkan data hasil posttest, diketahui bahwa kelompok eksperimen-1 memiliki rata-rata 73,64, sedangkan kelompok eksperimen-2 memiliki rata-rata 67,36. Hasil uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung = 3,271 > ttabel = 1,989. Hasil uji Effect Size menunjukkan nilai 0,7 (kategori sedang) dengan persentase keefektifan 76%. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran TGT dan ST ditinjau dari hasil belajar matematika siswa, dan (2) model pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ST.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ayu Dewi Chandra Pradnyanita, I Made Wena, Putu Ledyari Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.