PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9642Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments, Hasil Belajar, QuizizzAbstract
Keberhasilan pendidikan dapat dilihat melalui hasil belajar peserta didik. Hasil belajar merupakan pencapaian atau penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang diperoleh oleh individu setelah mengikuti proses pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XL SMA Negeri 1 Mengwi yang terdiri 36 orang siswa. Pada saat belajar kelompok, siswa kesulitan memahami topik diskusi sehingga menyebabkan mereka ragu untuk berdiskusi. Melihat permasalahan yang terjadi, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XL di SMAN 1 Mengwi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournaments ( ). Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan berbantuan media online yaitu quizizz. Quizizz digunakan pada saat pengambilan data pretest dan post test. Data dianalisis secara kuantitatif meliputi data sumatif, pre-test dan post-test pelaksanaan TGT. Setelah dilakukan analisis data ditunjukkan bahwa sebelum tindakan pada siklus I nilai rata-rata individu yaitu 55,14% dan secara klasikal adalah 77,78%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata individu yaitu 83,33% dan secara klasikal adalah 84,17%. Kemudian setelah diberikan tindakan, pada siklus I nilai rata-rata individu 67,84% dan secara klasikal adalah 64%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai 86,11% dan secara klasikal adalah 83%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari sebelum tindakan siklus I dan siklus II telah mencapai KKM yaitu ≥ 80% dengan kriteria tuntas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Winda Wijayanti, Ni Ketut Erawati, Komang Sri Ayu Oktapani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.