IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI

Authors

  • Veronika Made Aprilia Kartika Dewi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sumandya Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Made Ari Septiani SMA Negeri 3 Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9412

Keywords:

penelitian tindakan kelas, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Denpasar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika dengan materi integral dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan hasil belajar kelas XI MIPA 4 telah mencapai hasil sebesar 91% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 33 peserta didik dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 3 peserta didik.

Downloads

Published

01-09-2024