IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i2.9412Keywords:
penelitian tindakan kelas, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 3 Denpasar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika dengan materi integral dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan hasil belajar kelas XI MIPA 4 telah mencapai hasil sebesar 91% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 33 peserta didik dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 3 peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Veronika Made Aprilia Kartika Dewi, I Wayan Sumandya, Ni Made Ari Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.