PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DETERMINAN DAN INVERS MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Keywords:
hasil belajar, pembelarajan kooperatif tipe STADAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi determinan dan invers matriks menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada siswa kelas XI B4 di SMA Negeri 1 Mengwi. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tigas kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI B4 SMA Negeri 1 Mengwi dengan jumlah 38 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 39% dan pada siklus II mengalami peningkatan 50% sehingga menjadi 79%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya nilai siswa yang tuntas lebih dari atau paling tidak 79 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.