CHAOS GAME DENGAN VARIASI KOMBINASI LINIER TITIK PEMBANGKIT

Authors

  • Kosala Dwidja Purnomo Kosala Universitas Jember
  • Yurike Devita University of Jember
  • Firdaus ubaidillah
  • Bagus Juliyanto

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.8750

Keywords:

Fraktal, chaos game, segitiga Sierpinski

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan objek fraktal dengan cara memodifikasi chaos game. Awalnya titik pembangkit dalam chaos game ditentukan oleh titik tengah antara titik pembangkit iterasi sebelumnya dengan titik verteks segitiga yang dipilih secara acak. Pada iterasi yang cukup besar, dengan penentuan titik pembangkit seperti rumusan ini, akan diperoleh sekumpulan titik pembangkit yang berbentuk mirip dengan segitiga Sierpinski. Dalam penelitian ini koordinat titik pembangkit ditentukan dari kombinasi linier antara koordinat titik pembangkit awal dan titik verteks segitiga. Kombinasi linier dilakukan dengan menvariasikan parameter koefisien variabel koordinat titik pembangkit dan titik verteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chaos game akan membentuk berbagai objek fraktal jika jumlah parameter koefisien koordinat kedua titik tersebut yang berada dalam interval -1 sampai dengan 1. Secara khusus, untuk jumlah parameter koefisien mendekati 1 akan menghasilkan objek fraktal mirip segitiga Sierpinski. Secara umum, jumlah parameter koefisien yang menjauhi interval tersebut akan mengakibatkan sifat fraktal dari kumpulan titik pembangkit tersebut akan semakin hilang.

Downloads

Published

01-03-2024