PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.8460Keywords:
Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran KooperatifAbstract
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal, pembelajaran matematika di kelas masih cenderung berpusat pada guru. Hal ini berimbas pada hasil Sumatif Tengah Semester pada pelajaran Matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas X A SMA Negeri 2 Abiansemal meningkat dari 55,33 pada tahap prasiklus menjadi 63,33 pada siklus I dan 78,61 pada siklus II. Pada prasiklus ketuntasan belajar klasikalnya, yaitu sebesar 25% menjadi 47,22% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 77,78%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Wayan Risna Kariani Asih, Ni Kadek Rini Purwati, Ika Desi Budiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.