ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI PADA SUDUT ISTIMEWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.8136Keywords:
Analisis Kesalahan, Trigonometri pada Sudut IstimewaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan yang dialami siswa kelas X dalam menyelesaikan soal mengenai materi trigonometri pada sudut istimewa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada subjek terbatas yaitu 5 orang siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Pasuruan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil tes berupa soal uraian yang terdiri dari 4 butir soal dan diberikan kepada subjek penelitian ini sebanyak 5 siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis mulai dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari subjek sebanyak 5 siswa hanya sebesar 74% dari soal yang mampu diselesaikan dan tidak ada satupun siswa yang mampu menyelesaikan masalah tersebut hingga tuntas. Hal ini dikarenakan siswa masih belum dapat memahami soal seluruhnya dan masih sulit dalam memahami maksud soal sehingga siswa masih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erina, Artika Andriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.