STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU MEDIA BOOK CREATOR DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7022Keywords:
Strategi Pembelajaran, Media Book Creator Digital, minat belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam proses matematika melalui kajian literature review. Data diambil dari berbagai buku dan artikel ilmiah yang relevan dengan masalah yang akan diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi guru dalam menggunakan bahan ajar berupa book creator pada pembelajaran matematika; (2) Mendeskripsikan dampak penggunaan media book creator digital terhadap peningkatan minat belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi guru dalam menggunakan bahan ajar book creator digital yaitu (1) dengan cara mendesain isi bahan ajar berupa digital dan tidak mengurangi isi atau materi dari bahan ajar cetak. Penerapan book creator digital ini menyesuaikan berbagai gaya belajar siswa yang berbeda. Disebabkan adanya suatu fitur yang ditampilkan melalui gambar dan video. (2) Dampak dari penggunaan book creator digital adalah membantu peserta didik dalam memaksimalkan proses belajar teknik gerak yang benar. Melalui tampilan soal sederhana berbentuk gambar dan video yang dapat ditiru oleh siswa. Tampilan gambar dan video yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media ini sangat cocok digunakan dalam pembelajaran di luar maupun di dalam kelas. Adapun strategi guru dalam menggunakan book creator digital ini dalam pembelajaran adalah memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat pada book creator tersebut melalui kejelasan materi berupa tulisan, kesesuaian gambar dengan materi dan tingkat perkembangan kognitif peserta didik serta kejelasan teknik pengerjaan yang ditampilkan dalam bentuk video. Sehingga peserta didik dapat mempraktekkan teknik pengerjaan secara runtut dan benar melalui media book creator digital.