MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI SMKN WINONGAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.6979Keywords:
Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah yang kurang memadai yang masih belum mampu mencapai salah satu tujuan pembelajaran dalam proses pembelajaran matematika menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pembelajaran matematika berbasis model pembelajaran Snowball Thorwing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang melibatkan materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian yang digunakan adalah PTK atau penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru. Lembar validasi perangkat pembelajaran adalah alat yang digunakan berupa lembar validasi. Teknik yang digunakan pengumpulan dan analisis data. Berdasarkan temuan analisis data, ditetapkan bahwa pendekatan pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa kelas X-TKR 2 di SMKN Winongan pada pembelajaran matematika yang cukup signifikan.