IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR

Authors

  • Rojiyah Magfiroh Zihan Safira Universitas PGRI Wiranegara
  • Abdul Salam A.S SMK Negeri Winongan

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.6955

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes, Vector

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) 1 SMKN Winongan dalam hal pembelajaran materi vektor dengan memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam dua siklus. Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah vektor. Lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dipimpin guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil tes adalah jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 97% responden menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang menunjukkan bahwa peserta didik memiliki peningkatan hasil belajar. Selain itu, dalam observasi kegiatan pembelajaran yang dipimpin guru terungkap bahwa kegiatan belajar peserta didik meningkat hampir 89%, yang menunjukkan bahwa mereka sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Published

01-03-2024