MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMK NEGERI WINONGAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.6954Keywords:
miskonsepsi, SPLTV, kemampuan awalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dialami siswa kelas X SMK Negeri Winongan
dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan persoalan SPLTV. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitataif dengan subjek penelitian yaitu salah satu kelas X jurusan tata boga yang berjumlah 30
siswa. Metode yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan
kemampuan awal tinggi jarang sekali mengalami miskonsepsi, siswa dengan kemampuan sedang sering mengalami miskonsepsi pada tahap analisis dan siswa dengan kemampuan awal rendah mengalami miskonsepsi pada tahap analisis dan tahap penyelesaian.