ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIAKN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DENGAN METODE NEWMAN OLEH SISWA KELAS X TKR 1 SMK NEGERI WINONGAN
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.6952Keywords:
Kesalahan Siswa, Metode Newman, SPLTVAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal cerita, sehingga dapat menjadi petunjuk untuk mengetahui seberapa paham siswa terhadap materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dengan menggunakan metode Newman dalam menyelesaikan permasalahan mengenai materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan lima siswa yang menjadi subjek. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesalahan oleh lima subjek penelitian, yakni: (1) Pada kesalahan membaca, memahami, dan transformasi, siswa tidak mengerjakan soal yang diberikan serta kurangnya memahami pertanyaan dalam soal. (2) Pada kesalahn keterampilan proses, siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan, tidak melanjutkan serta tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan. (3) Pada kesalahan dalam penulisan jawaban akhir, siswa tidak menunjukkan jawaban akhir seperti yang ditanyakan pada soal.