PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII B
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.5966Keywords:
model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar matematika, LKSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII B di SMP Negeri 5 Amlapura setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang. Data hasil belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar berbentuk uraian. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura, yaitu dari rata-rata pada pre tes menjadi 69,50 pada siklus I, dan 71,17 pada siklus II, daya serap dari pada pre tes menjadi 69,50% pada siklus I, dan 71,17% pada siklus II, serta ketuntasan belajar dari 66,67% pada pre tes menjadi 73,33% pada siklus I, dan 80,00% pada siklus II. Keterampilan siswa kelas VII B SMP Negeri 5 Amlapura juga meningkat dari rata-rata 72,5 pada siklus I menjadi 76,46 pada siklus II.