PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 ELAR PADA MATERI LINGKARAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i1.3946Keywords:
Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), aktivitas belajar, prestasi belajar siswaAbstract
ABSTRACT
This study aims to determine how much increase in student activity and achievement through the application of Number Head Together (NHT) cooperative learning in Circle learning in class VIII C of SMP Negeri 1 Elar in 2020/2021. This study uses a qualitative approach, this type of research is a classroom action research (CAR), Kurt Lewin. Data were collected using student learning outcomes, student test results to obtain qualitative data. The increase in learning activities and student achievement achieved as follows: (1) The increase in student learning activities is indicated by an increase in the category of student learning activities from the "quite active" category in the first cycle to "active" in the second cycle; (2) The increase in student achievement is indicated by the percentage increase in the average score of the student achievement test from cycle I to cycle II of 16%.
Keywords: Number Head Together (NHT) cooperative learning, learning activities, student achievement
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran Lingkaran di kelas VIII C SMP Negeri 1 Elar tahun 2021/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Kurt Lewin. Data dikumpulkan menggunakan hasil belajar siswa, hasil tes siswa untuk memperoleh data kualitatif. Adapun peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa yang dicapai sebagai berikut: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan kategori aktivitas belajar siswa dari kategori “cukup aktif” pada siklus I meningkat menjadi “aktif” pada siklus II; (2) Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan persentase peningkatan rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16%.
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT), aktivitas belajar, prestasi belajar siswa