ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA POKOK MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP TP. 45 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v1i2.2868Keywords:
analisis kesalahan, Prosedur NewmanAbstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi lingkaran berdasarkan Prosedur Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PT. 45 Denpasar yang dikelompokan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah diambil 2 siswa darimasing-masing kelompok sehingga subjek penelitian menjadi 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik teks, teknik wawancara, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data (triangulasi). hasl penelitian menunjukan bahwa persentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan Prosedur Newman adalah kesalahan membaca masalah yang dilakukan siswa sebesar 10,3%, kesalahan memahami masalah sebesar 29,9%, kesalahan transformasi sebesar 20,7%, kesalahan kemampuan proses sebesar 13,8%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 25,3%. Penyebab kesalahan siswa adalah siswa kurang teliti, siswa terlalu buru-buru, siswa belum paham maksud soal, siswa kurang berlatih soal, siswa kurang memanfaatkan waktu dengan baik, siswa tidak percaya diri, siswa salah dalam menghitung (komputasi), dan siswa belum paham menggunakan metode atau rumus.