MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN BANGUN DATAR SEGIEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SISWA KELAS VII K SMP NEGERI 3 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Diah Ayu Noviani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ketut Perdata Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah siswa, Pembelajaran Guided Discovery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar dankemampuan pemecahan masalah siswa melalui penerapan pembelajaran Guided Discoverydalam pembelajaran segiempat di kelas VII K SMP Negeri 3 Abiansemal tahun 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Kurt Lewin. Data dikumpulkan menggunakan hasil belajar siswa, hasiltes siswa untuk memperoleh data kualitatif. Adapun peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dicapai sebagai berikut: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan kategori aktivitas belajarsiswa dari kategori “cukup aktif” pada siklus I meningkat menjadi “aktif” pada siklus II.; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditunjukkan dengan persentase peningkatan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus I ke siklusII sebesar 58,2%.

Published
2021-01-09