IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ni Made Serma Wati IKIP Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12231

Keywords:

Teaching at the Right Level (TaRL), GeoGebra, Mathematics learning outcomes

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang sering disebabkan oleh kesenjangan kemampuan siswa yang heterogen di dalam kelas dan  kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep-konsep abstrak matematika. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan GeoGebra. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri pada semester Genap tahun ajaran 2024/2025. Subyek Penelitian adalah siswa kelas XI F sebanyak 33 siswa dengan banyak siswa perempuan 16 orang dan laki-laki sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, 66,67 % siswa mencapai KKM dengan rata-rata kelas 76. Pada siklus II hasil belajar matematika lebih meningkat dibandingkan dengan siklus I. Ditandai bahwa skor rata-rata kelas adalah 88 jika dibandingkan dengan skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan yaitu dari 76 menjadi 88 sehingga mengalami peningkatan sebesar 12 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93,94%. Pada siklus ke II menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mengalami peningkatan sebesar 27% dari siklus I yang memenuhi kriteria ketuntasan yang diharapkan. Dengan   demikian,   pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan GeoGebra   terbukti   efektif   dalam meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dan  direkomendasikan  untuk  diterapkan  pada  mata  pelajaran  serta kelompok siswa dengan karakteristik yang beragam.

Downloads

Published

01-09-2025