IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12231Keywords:
Teaching at the Right Level (TaRL), GeoGebra, Mathematics learning outcomesAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika yang sering disebabkan oleh kesenjangan kemampuan siswa yang heterogen di dalam kelas dan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep-konsep abstrak matematika. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan GeoGebra. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kediri pada semester Genap tahun ajaran 2024/2025. Subyek Penelitian adalah siswa kelas XI F sebanyak 33 siswa dengan banyak siswa perempuan 16 orang dan laki-laki sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, 66,67 % siswa mencapai KKM dengan rata-rata kelas 76. Pada siklus II hasil belajar matematika lebih meningkat dibandingkan dengan siklus I. Ditandai bahwa skor rata-rata kelas adalah 88 jika dibandingkan dengan skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan yaitu dari 76 menjadi 88 sehingga mengalami peningkatan sebesar 12 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 93,94%. Pada siklus ke II menunjukkan bahwa presentase ketuntasan mengalami peningkatan sebesar 27% dari siklus I yang memenuhi kriteria ketuntasan yang diharapkan. Dengan demikian, pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan GeoGebra terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan direkomendasikan untuk diterapkan pada mata pelajaran serta kelompok siswa dengan karakteristik yang beragam.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Made Serma Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.