UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA GAME INTERAKTIF DI KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.11589Keywords:
minat belajar matematika, discovery learning, media game interatifAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media game interaktif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR pada salah satu SMK di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggabungkan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data difokuskan pada peningkatan minat belajar matematika siswa antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar matematika siswa yang berdampak terhadap hasil belajar. Peningkatan tersebut terlihat dari kenaikan persentase ketuntasan belajar dimana pada siklus I hanya 33% siswa yang mencapai ketuntasan, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Selain itu, terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas dari 68,26 pada siklus I menjadi 77,43 pada siklus II. Peningkatan minat belajar juga terlihat dari hasil angket yang diberikan pada siswa, dimana rata-rata skor angket minat belajar matematika meningkat dari 49,38 pada siklus I menjadi 54,74 pada siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Baiq Aminatuzzuhro, I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.