PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.11573Keywords:
hasil belajar, Numbered Heads Together, siswa SMKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan kesiapan belajar siswa kelas X Perhotelan 3 SMKN 5 Denpasar pada mata pelajaran Statistika. Siswa cenderung pasif, kurang percaya diri, dan belum terbiasa belajar mandiri. Sebagian mengalami keterlambatan memahami materi karena adanya dispensasi di awal pembelajaran. Metode yang digunakan sebelumnya, seperti ceramah dan Problem-Based Learning, belum mampu mendorong keterlibatan siswa secara menyeluruh. Oleh karena itu, pembelajaran Statistika perlu dirancang secara aktif dan kolaboratif guna mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Model ini dipilih karena menekankan kerja kelompok, tanggung jawab individu, dan diskusi aktif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan: pada siklus I, 26 dari 36 siswa (72,22%) mencapai ketuntasan, dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa (94,44%). Selain itu, terlihat perubahan positif pada sikap siswa seperti meningkatnya keaktifan, rasa percaya diri, dan kerja sama dalam kelompok.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadiya Yuvita Rizki, Adi Wibawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.