Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Quizizz
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i1.10980Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Team Quiz, Quizizz, Teorema PythagorasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakang rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi teorema pythagoras. Pada proses pembelajaran matematika, baik guru maupun siswa bekerja sama untuk mencapai tujuan matematika. Berdasarkan hasil observasi guru matematika menunjukkan hasil pembealajaran siswa masih di bawah KKM lebih besar 75 persen yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Peusangan. Peneliti menawarkan solusi dengan pembelajaran Team Quiz. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dengan berbantuan Quizizz lebih baik daripada yang diajarkan melalui pembelajaran konvesional pada materi teorema pythagoras pada kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.3 yang berjumlah 25 siswa, VIII.4 yang berjumlah 22 siswa, kelas VIII.3 menjadi kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan pembelajaran Team Quiz dan kelas VIII.4 menjadi kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan hasil observasi. Teknik analisis data pengujian uji t. Hasil analisis diperoleh nilai ttabel ini dapat dituliskan sebagai berikut; ttabel dengan taraf signifikasi 5 persen sama dengan 1,679 kurang dari thitung sebesar sama dengan 3,570 untuk thitung atau ha diterima serta ho ditolak. Dengan demikian Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan metode pembelajaran Team Quiz dengan berbantuan Quizizz lebih baik daripada yang diajarkan melalui pembelajaran konvesional pada materi teorema pythagoras pada kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa adanya pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam proses pembelajaran sebesar 94,5 persen dan 95 persen dengan kategori sangat baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rina Safriana, Siti Khaulah, Rahmi Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.