ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGGUNAKAN PROSEDUR WATSON PADA SISWA KELAS VIII SMP TP 45 DENPASAR TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Fidelis Jemaru Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v1i2.2940

Keywords:

analisis kesalahan, Prosedur Watson

Abstract

           Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi persamaan linear dua variabel berdasarkan Prosedur Watson  dan penyebab kesalahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP TP 45 Denpasar yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling lalu dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu kelompok tinggi, sedang, dan rendah yang diambil 2 siswa dari masing-masing kelompok sehingga subjek penelitian menjadi 6 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari tiga kelompok, jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah: Data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang,  kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan, dan tidak mengerjakan soal. Faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan yang dilakukan siswa adalah: siswa kurang teliti dalam membaca soal,  siswa kurang memahami apa yang diminta dalam soal, siswa tidak fokus dalam mengerjakan soal, siswa kurang teliti dalam perhitungan, siswa lupa rumus untuk meyelesaikan soal dan langkah-langkah untuk mengerjakan soal, siswa bingung dan ragu dalam mengerjakan  soal.

Downloads

Published

01-09-2021