PELATIHAN PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK

Penulis

  • Widyaningrum Winda Universitas Indraprasta PGRI
  • Muniroh Zumrotul Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

model pembelajaran, teknik presentasi, kompetensi pedagogik

Abstrak

Pembelajaran pada dasarnya aktif bukan pasif, sehingga guru yang efektif adalah guru yang
memberikan siswa pengalaman yang memungkinkan mereka belajar dengan melakukan kegiatan secara
langsung yang bersifat kontekstual. Pembelajaran dikatakan efektif jika mempertimbangkan minat serta
kebutuhan siswa secara menyeluruh dengan domain kognitif, afektif, dan psikomotor. Permasalahan yang
terjadi di sekolah adalah guru memberikan tugas presentasi tanpa acuan dan tanpa sistematika, yang penting
siswa harus presentasi tanpa tahu mana yang tepat dan yang tidak tepat, dan saat siswa presentasi guru lebih
banyak berkomentar tentang kekurangannya bahkan tanpa memberi apresiasi. Sehingga tugas presentasi
dianggap oleh siswa sebagai tugas yang memberatkan. Dengan menguasai teknik penyajian presentasi yang
menarik maka akan meningkatkan kemampuan pedagogik pendidik sekaligus menarik minat belajar peserta
didik. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yang diadakan di sekolah menengah atas di wilayah Bekasi ini
dapat dikatakan berhasil karena tersampaikannya materi yang dapat menambah pengetahuan para guru tentang
pentingnya meningkatkan kompetensi pedagogik dengan cara mengembangkan kemampuan dalam membuat
slide materi pelajaran atau media pembelajaran dan menyajikannya melalui presentasi yang efektif sehingga
tercapai target pembelajaran yang telah direncanakan

Referensi

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

tentang Standar Pendidikan Nasional.

Joyce, Bruce&Marsha Weil. 2007. Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon A Simon

& Scuster Company.

Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Sukmadinata, Nana S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2008. Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta. Gaung

Persada Press.

http://www.umm.ac.id/id/opini/tugas-presentasi-bagi-siswa-bermanfaat-atau

menyiksa.htm

Diterbitkan

2024-01-11