PELATIHAN ETIKA DAN KESANTUNAN DALAM BERBAHASA DI PKBM SENEN RAYA

Penulis

  • Widyaningrum Winda Universitas Indraprasta PGRI
  • Sondari Endang Universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

etika, kesantunana berbahasa, tindak tutur

Abstrak

: Pendidikan merupakan elemen penting dalam pembangunan peradaban suatu bangsa yang dibangun di atas fondasi pendidikan yang berkualitas. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lain. Faktanya masih banyak anak usia remaja yang terpaksa harus putus sekolah karena faktor ekonomi sebagai salah satu penyebabnya. Mereka dibesarkan dalam lingkungan yang tidak akrab dengan nilai etika dan moral termasuk dalam hal kesantunan berbahasa. Lokasi pengabdian ini di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Senen Raya. Pelatihan dilaksanakan selama tiga bulan. Pelatihan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, memberikan wawasan akan pentingnya menjaga etika dan kesantunan dalam berbahasa. Kedua, menciptakan berbagai kegiatan belajar dan permainan pengembangan diri untuk meningkatkan rasa percaya diri. Ketiga, memberikan motivasi dan konseling untuk menampung permasalahan dan berusaha mencari solusi bagi permasalahan yang dialami. Dari hasil pelatihan diperoleh kesimpulan jika kegiatan pelatihan etika dan kesantunan berbahasa sangat diperlukan untuk meningkatkan budaya baik bagi para remaja putus sekolah di PKBM Senen Raya.

Referensi

Ahmadi, Abu. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Badara, A. (2014). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana Media - Dr. Aris Badara, M.Hum. - Google Buku. 23, 208.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno, Harun Joko. 2011. Kesantunan Sosiopragmatik: Studi Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Anak Didik SD Berbudaya Jawa. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Purba, A. (2011). Tindak Tutur Dan Peristiwa Tutur. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 77–91.

https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426.

Suyanto, Bagong. (2012). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana

Yule, G. (2020). The Study of Language. Cambridge University Press

Diterbitkan

2023-05-31