PEMANFAATAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM MIKRO PASCA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • Ni Wayan Meidariani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Widiastika I Wayan Wahyu Cipta Prodi Sastra Jepang, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Pangestu I Made Indra Kusuma Prodi Sastra Jepang, Fakultas Bahasa Asing, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

pandemi, tiktok, UMKM

Abstrak

Pada masa pasca pandemi Covid-19 tahun 2022 menjadikan usaha kuliner harus memutar otak untuk tetap mempertahankan penjualan produk di masa ini. Selain itu, adanya kebijakan yang membuat perubahan konsep yang berdampak pada perebutan pasar ditengah persaingan. Dalam kegiatan ini dilakukan di rumah makan WarungM21 dengan dilakukanya promosi dan diharapkan dapat membuat adanya peningkatkan pelanggan yang datang ditengah masa setelah Covid-19 guna mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Warung M21. Keberhasilan pelaksaan program KKN Alternatif dalam mengatasi permasalahan yang ada yaitu solusinya dengan membuat konten video berisi tentang hal menarik mengenai Warung M21 dan memanfaatkan media sosial Tiktok sebagai tempat melakukan promosi. Pada pelaksanaan program ini Warung M21 mendapat respon positif yang terlihat dari kenaikan jumlah penonton dan karna hal itu membuat kenaikan pelanggan pada Warung M21.

Referensi

Bisnis Indonesia. 2022. Riset : Industri F&B Paling Terdampak Pandemi Corona. Diakses pada 15 September 2022 dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20200327/12/1218688/riset-industri-fb-paling-terdampak-pandemi-corona

Fnbpreneur. 2022. Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner di TikTok dengan Mudah. September 2022 dari https://fnbpreneur.id/mempromosikan-bisnis-kuliner-di-tiktok/

Kajianpustaka.com. 2022. Pengertian, Jenis dan Sistem Pelayanan Restoran. Diakses pada 17 September 2022 dari https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis-dan-sistem-pelayanan-restoran.html?m=1

Kemenperin.go.id. 2022. Kemenperin: Pasok Kebutuhan Pangan Selama Pandemi, Kontribusi Industri Mamin Meroket. Di akses pada 9 September 2022 dari https://kemenperin.go.id/artikel/22682/Pasok-Kebutuhan-Pangan-Selama-Pandemi,-Kontribusi-Industri-Mamin-Meroket

Liputan6.com. 2022. 8 Tujuan Promosi dalam Pemasaran, Pengertian, Bentuk, dan Strateginya. Diakses pada 15 September 2022, dari https://m.liputan6.com/hot/read/4506677/8-tujuan-promosi-dalam-pemasaran-pengertian-bentuk-dan-strateginya

Liputan6.com. 2022. Nasib Pengusaha Restoran Akibat Pandemi, Merugi hingga Kehabisan Modal. Diakses pada 9 September 2022 https://www.liputan6.com/bisnis/read/4305001/nasib-pengusaha-restoran-akibat-pandemi-merugi-hingga-kehabisan-modal

Novika, S., 2022. Skenario Terburuk Dampak Corona ke Bisnis Makanan. detikfinance. Diakses pada 9 September 2022 dari https://finance.detik.com/industri/d-5022722/skenario-terburuk-dampak-corona-ke-bisnis-makanan

Santia, T., 2022. Industri Makanan dan Minuman Paling Terdampak Virus Corona. [online] liputan6.com. Diakses pada 15 September 2022, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4211947/industri-makanan-dan-minuman-paling-terdampak-virus-corona

Wikipedia. 2022. Promosi (pemasaran) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Diakses pada 9 September 2022 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_(pemasaran)

Wikipedia. 2022. Wawancara – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Diakses pada 17 September 2022 dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wawancara

Diterbitkan

2022-12-30