EFEKTIVITAS VIDEO PROFIL SEKOLAH SEBAGAI SARANA PROMOSI
Kata Kunci:
efektivitas; sekolah; video profilAbstrak
Mitra kegiatan adalah sekolah dasar negeri yang ada di Kecamatan Denpasar Barat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu mitra mencarikan solusi terkait ketercukupan siswa karena mitra merupakan sekolah yang jumlah siswanya paling sedikit dibandingkan sekolah yang ada di sekecamatan Denpasar Barat. Berdasarkan analisis kebutuhan, tim pelaksana merancang kegiatan pembuatan video profil sekolah. Video profil merupakan media yang efektif dalam promosi. Dalam video profil memuat visi dan misi sekolah, sejarah singkat sekolah dan fasilitas sekolah. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan menjadi inventaris sarana dan prasarana sekolah sebagai materi promosi dalam media sosial. Metode yang digunakan dalam pembuatan video adalah metode observasi dengan teknik rekam dan wawancara. Proses pembuatan video dibagi menjadi beberapa tahapan. Tahapan pertama, tim pelaksana melakukan observasi dengan cara mengamati kondisi sekitar dan mewawancari salah seorang guru di sekolah ini. Kegiatan ini dilakukan untuk menjadikan materi dalam video. Tahap kedua adalah tim pelaksana melakukan peliputan. Peliputan dilakukan dengan cara merekam video kondisi sekolah dan fasilitas sekolah.Tahap ketiga adalah proses pembuatan dan editing video. Video tersebut sebagai produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian ini. Video ini diunggah dalam media sosial mitra untuk memperkenalkan keberadaan sekolah kepada masyarakat. Video ini efektif sebagai sarana promosi dengan melibatkan seluruh pihak sekolah untuk aktif membagikan konten video. Hasil kegiatan pengabdian ini berdampak jangka panjang karena memerlukan waktu untuk mengetahui efektivitas video guna usaha pemerataan siswa di Kecataman Denpasar Barat.
Referensi
Cahyadi, Willy. 2022. Pemanfaat Media Sosial terhadap keberhasilan Wirausaha. PT Inovasi Pratama Internasional
Data PTKdan PD SD 11 Dauh Puri. Diakses pada 9 Agustus 2024 https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/14F6699FEB08CF968DE6
Data Pokok Pendidikan. Diakses pada 9 Agustus 2024 https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/3/226003
Erwin, dkk. 2024. Pemasaran Digital Teori dan Implementasi . Yogyakarta: PT Green Pustaka Indonesia
Haryanto, A. (2020). Penyuluhan Pembuatan Video Profil Desa Bedoyo. Jurnal Pengabdian Seni, 1(1), 4-10.
Wayan, M. N., Gede, M. N. L., & Dewi, A. N. N. A. (2023). PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PROMOSI ONLINE DESA WISATA JATILUWIH. LOKATARA SARASWATI, 2(2), 47-54.