EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Kadek Ayu Mutiara Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i2.9081

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa merupakan tujuan penting dalam kurikulum matematika yang realitanya masih tergolong rendah, maka diperlukan sebuah solusi melalui pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Rancangan (desain) penelitian yang digunakan adalah non equivalent pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Klungkung. Teknik pengumpulan data adalah dengan instrumen tes pemecahan masalah yang diberikan pada kedua kelompok. Data dianalisis menggunakan uji-t independent sample dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan nilai sig < 0.05 sehingga H0 Ditolak. Hal ini menghasilkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional, serta melalui nilai rata-rata diperoleh bahwa hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran berdiferensiasi lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Hasil observasi menujukkan pembelajaran berdiferensiasi membuat pelatihan kemampuan pemecahan masalah lebih efektif karena siswa lebih nyaman karena disediakan konten yang sesuai dengan gaya belajarnya. Temuan ini menunjukkan keefektifan dari penggunaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sdn. Angewandte Chemie International Edition, 2(4), 1995–2014.

Astria, R., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan MAtematika, 10(4), 2129–2144. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.37

Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26

Cahyaningsih, U., Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Student’S Mathematical Problem-Solving Ability With Mathematical Resilience and Metacognition Skills: a Quantitative Analysis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2591. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4366

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hanif Evendi, Yossie Rosida, & Dani Zularfan. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka SMPN 4 Kragilan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1454

Kamal Ardiansyah, P., Edy, S., & Rahmad Bahrudin, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Khafidatul, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Model Treffinger di SMA N 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 122–129.

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Kusumawati, L. D., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran. Kwangsan - Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01), 31–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan MAtematika, 10(3), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Nawati, A., Kurniastuti, D., Kumalasari, I. D., Wulandari, D., & Nisa, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah …, 215–234.

Rahman, N., Palangkey, R. D., & Rijal, T. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits Di Mts Muhammadiyah Datarang. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1)(1), 136–137.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Riyadi, Syarifah, T. J., & Nikmaturrohmah, P. (2021). Profile of students’ problem-solving skills viewed from Polya’s four-steps approach and elementary school students. European Journal of Educational Research, 10(4), 1625–1638. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.4.1625

Sabora, R. S., Lukum, A., Paputungan, M., Iyabu, H., Aman, L. O., & Alio, L. (2022). Studi Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 118–126. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15781

Schleicher, A. (2019). PISA Insights and Interpretations. OECD 2019, 24(1), 12–17.

Septyana, E., Indriati, N. D., Indiati, I., & Ariyanto, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Boga 1 SMK di Semarang pada Materi Program Linear. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 6(2), 85–94. https://doi.org/10.24246/juses.v6i2p85-94

Utami, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Sutrisno, H., & Subandijah, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK.

Dewi, S.A. (2022). Keefektifan Model Pembelajaran Stad Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY

Gusteti, M. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Wahyuningsih, E. D., & Kusuma, R. B. (2023). Kontribusi Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Integral (Jurnal Penelitian …, 5(2), 137–146. https://integral.upstegal.ac.id/index.php/jppm/article/view/111

Wardhani, A. K., Haerudin, & Ramlah. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Didactical Mathematics, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017.

Downloads

Published

2024-09-30