ANALISIS DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA NURUL FALAH PEKANBARU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Authors

  • Nofita Damayanti Universitas Riau
  • Atma Murni Universitas Riau
  • Maimunah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8752

Keywords:

Analisis, Gaya Belajar, Disposisi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner gaya belajar dan angket disposisi matematis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI MIA SMA Nurul Falah Pekanbaru tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan disposisi matematis siswa kelas XI SMA Nurul Falah Pekanbaru berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 10 siswa (55,55%), kemudian kategori tinggi sebanyak 5 siswa (27,78%), dan kategori sedang sebanyak 3 siswa (16,67%). Jika ditinjau dari gaya belajar, disposisi matematis siswa dengan gaya belajar visual sebesar 81,125% yang tergolong sangat tinggi, disposisi matematis siswa dengan gaya belajar auditori sebesar 76% berada pada kategori tinggi, dan disposisi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar 81,67% berada pada kategori sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustianti, R. (2021). Analisis Disposisi Matematis Mahasiswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1405–1412. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1405-1412

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMPN 23 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294

Cikka, H. (2020). Konsep-Konsep Esensial Dari Teori Dan Model Perencanaan Dalam Pembangunan Pendidikan. Scolae: Journal of Pedagogy, 3(2). https://doi.org/10.56488/scolae.v3i2.81

Fairus, F., Fauzi, A., & Sitompul, P. (2023). Analisis Kemampuan Disposisi Matematis pada Pembelajaran Matematika Siswa SMKN 2 Langsa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2382–2390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2549

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Hakim, A. R. (2019). Menumbuhkembangkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 555–564. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/3933

Haryati, T., Nindiasari, H., & Sudiana, R. (2017). Analisis Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 146–158. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2039

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar [analysis of students’ reflective Mathematical thinking abilities judged from learning styles]. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69–82. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/256/165

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Fase D. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Republik Indonesia.

Mufidah, L. luk N. (2017). 276698-Memahami-Gaya-Belajar-Untuk-Meningkatkan-7924C83a (1). Jurnal Perempuan Dan Anak, Vol. 1, pp. 245–260.

Retnodari, W., Faddia Elbas, W., & Loviana, S. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 15. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166

Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sulasdini, S., & Himmah, W. I. (2021). Profil Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 5(2), 189–199. Retrieved from https://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/view/2704%0Ahttps://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/qalasadi/article/download/2704/1829

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Kisyani (Ed.), Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar (1st ed.). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from http://ditpsd.kemdikbud.go.id/buku/baca/pentingnya-memahami-gaya-belajar

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2715–2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Yuliana, N. (2017). Pendekatan Differentiated Instruction (DI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Matematika Siswa Kelas XI MIPA-2 Di SMAN 1 Koba. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 370–378. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/V4-No6-NellyYuliana.pdf

Downloads

Published

2024-03-29