SMART SOCIETY 5.0: THE CHALLENGES FACED BY THE ENGLISH TEACHERS IN EMPLOYING DIGITAL LITERACY WITHIN ENGLISH LANGUAGE TEACHING

Authors

  • Putu Sista Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gusti Ayu Ade Fitria Dwita Indah Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putri Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Wersi Murtini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Putu Arsana Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8736

Keywords:

Literasi Digital, Pembelajaran Bahasa Inggris, Smart Society 5.0

Abstract

Smart Society 5.0 mengharuskan literasi digital menjadi keterampilan penting dalam konteks ELT. Tugas guru bahasa Inggris termasuk membantu siswa menjadi melek digital serta memanfaatkan teknologi untuk membantu mereka menggunakannya dengan tepat dan sukses. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan meneliti tantangan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam mengintegrasikan dan menerapkan literasi digital ke dalam ELT. Responden penelitian ini adalah 33 guru bahasa Inggris yang bekerja di SMA Negeri dan Swasta di sekitar Denpasar, Bali. Selain itu, penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif dimana data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner online terbuka, wawancara dan focus group discussion. Kemudian data dianalisis secara kualitatif yang terdari dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Ditemukan bahwa beragam tantangan dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam menerapkan literasi digital di konteks ELT. Tantangan yang dihadapi tersebut disebabkan oleh faktor-faktor yang muncul dari internal dan eksternal guru bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 386–389. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/313/342/

Ata, R., & Yıldırım, K. (2019). Exploring Turkish pre-service teachers’ perceptions and views of digital literacy. Education Sciences, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.3390/educsci9010040

Bekker, T., Bakker, S., Douma, I., van der Poel, J., & Scheltenaar, K. (2015). Teaching children digital literacy through design-based learning with digital toolkits in schools. International Journal of Child-Computer Interaction, 5, 29–38. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2015.12.001

Cephe, P. T., & Yalcin, C. G. (2015). Beliefs about foreign language learning: The effects of teacher beliefs on learner beliefs. Anthropologist, 19(1), 167–173. https://doi.org/10.1080/09720073.2015.11891651

Cristiana, E. (2021). Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, (3), 58–66. Retrieved from https://prosiding.iahntp.ac.id

Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93–106.

Grncharovska, S. P., Osmani, F., Stankovska, G., Murati, R., & Taneska, A. (2016). The impact of the students’ gender and high school type on the level of digital competency development for lifelong learning. Journal of Education and Practice, 7(24), 108–114. Retrieved from www.iiste.org

Hafner, C. A., Chik, A., & Jones, R. H. (2015). Digital literacies and language learning. Language Learning and Technology, 19(3), 1–7. https://doi.org/10.4324/9781003106609-15

Khotimah, T. H., Rokaibah, N. S., Zahrotunnisa, S., Firdaus, M. W., Wiqi, R., & Rochman, C. (2020). Persepsi guru terhadap tantangan dan peluang pendidikan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), 514–520. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.690

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: Studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra yang dilakukan oleh Japelidi. Kajian Ilmu Komunikasi (Informasi), 47(2), 149–166. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i2.16079

Lam, C., & Wong, C. (2015). Challenges for digital literacy in English curriculum. 32–36.

Mu’in, F., Mariani, N., & Nasrullah. (2021). Pelatihan peningkatan kemampuan literasi digital untuk guru-guru bahasa Inggris sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Kotabaru. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 183–189.

Mudra, H. (2020). Digital literacy among young learners: How do EFL teachers and learners view its benefits and barriers? Teaching English with Technology, 20(3), 3–24.

Nuroh, E. Z., & Liansari, V. (2018). Digital age literacy in elementary school. 1st International Conference on Intellectuals’ Global Responsibility (ICIGR 2017), 125, 119–123. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icigr-17.2018.29

Öngören, S. (2021). Investigation of prospective preschool teachers’ digital literacy and teacher readiness levels. International Journal of Modern Education Studies, 5(1), 181–204. https://doi.org/10.51383/ijonmes.2021.90

Pagani, L., Argentin, G., Gui, M., & Stanca, L. (2016). The impact of digital skills on educational outcomes: Evidence from performance tests. Educational Studies, 42(2), 137–162. https://doi.org/10.1080/03055698.2016.1148588

Purmayanti, D. (2022). The challenges of implementing digital literacy in teaching and learning activities for EFL learners in Indonesia. BATARA DIDI : English Language Journal, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.56209/badi.v1i2.38

Rahman, A., Al-Qasri, S., & Ofara, W. (2023). Exploring digital literacy practices in English language learning for secondary level students. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4), 722–734. https://doi.org/10.33394/jollt.v11i4.8939

Spires, H. A., & Bartlett, M. E. (2012). Digital literacies and learning: Designing a path forward. Raleigh: The William & Ida Friday Institute for Educational Innovation.

Yuliana. (2022). The challenges and opportunities in digital transformation for education during the Covid-19 pandemic. The 1st International Conference on Education and Technology “Beyond the New Normal Challenges in The World of Education Towards Society 5.0,” 10–18.

Downloads

Published

2024-03-29