GAME-BASED LEARNING: STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA

Authors

  • Ni Made Radita Purnama Putri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7004

Keywords:

Game-based Learning, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Biologi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak Game-based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Subjek penelitian berjumlah 46 siswa yang berasal dari kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara pada tahun akademik 2022/2023. Objek penelitian adalah penerapan Game-based Learning serta hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian tersebut menemukan bahwa pembelajaran berbasis game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan hasil belajar mereka dalam seluruh siklus penelitian. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 54,34% meningkat menjadi 71,73% dan 86,95% secara berturut setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 74,45 meningkat menjadi 81,41 dan menjadi 87,06 secara berturut setiap siklusnya. Hasil tersebut menunjukkan strategi Game-based Learning dalam pembelajaran biologi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agip. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Aini, F. N. (2018). Pengaruh Game-based Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 249–255.

Arifin, A. S. (2021). Pembelajaran Menyenangkan. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-menyenangkan/#:~:text=memotivasi%20peserta%20didik.-,Pembelajaran%20menyenangkan%20adalah%20suatu%20proses%20pembelajaran%20yang%20berlangsung%20dalam%20suasana,tujuan%20pembelajaran%20dapat%20dicapai%20maksimal.

Asmaka, R. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Game-based Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Peluang Kelas VIII SMP Negeri 2 Balen Tahun Pelajaran 2018/2019. Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonegoro.

Hakim, L., Fahrial, A., Dona, S. Y. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V SDN 2 Pagelaran Kabupaten Malang. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 65–77.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak.

Pratono, S. E. (2020). Penggunaan Game-based Learning Quizizz untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, 4(1), 25–38.

Downloads

Published

2023-09-29