SMALL GROUP DISCUSSION: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA

Authors

  • Ni Made Satya Pratiwi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Wayan Sudiarsa Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.6972

Keywords:

Hasil Belajar, Small Group Discussion, Sistem Ekskresi

Abstract

Penlitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran yang masih dilakukan guru secara konvensional atau masih bersifat teacher centered, dan juga hasil belajar siswa yang masih rendah. Siswa yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung lebih sedikit jika dibandingkan dengan siswa yang pasif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar small group discussion di kelas XI untuk materi sistem eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan 2 siklus, satu siklusnya menghabiskan 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes, dengan menggunakan tes objektif (pilihan ganda) yang dijadikan sebagai soal posttest. Instrumen tes terdiri dari soal-soal yang digunakan untuk mengukur nilai siswa setelah pembelajaran.  Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi metode pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata pada pra-siklus mendapatkan rata-rata sebesar 73.75, dan persentase ketuntasan sebesar 36.36% dengan kategori “cukup”. Pada siklus pertama mendapatkan kenaikan rata-rata sebanyak 77.27, dan besar persentase yang tuntas sebanyak 52.27% dengan kategori “baik”. Pada siklus kedua mendapatkan kenaikan rata-rata sebanyak 90.11, dan besar persentase yang tuntas sebanyak 81.81% dengan kategori “baik sekali”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Christiani, A., & Mintohari. (2014). Penerapan Metode Small Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penilitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–11.

Darmiati. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Small Group Discussion di SDN 2 Pantai Hambawang Barat. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 3(1).

Dewi, S. A. M. I. U., Puspawati, D. A., & Ismail, D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Media Photovoice Berbasis Lanskap Budaya Subak Terhadap Perilaku Berkelompok Siswa Smp Amarawati Tampaksiring. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 134–149.

Fitriani. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal PeKA, 4(2), 137–142.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9, 71–79.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.

Pentury, M., Tuapattinaya, P. M. J., & Salmanu, S. I. A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Pada Siswa Smp Negeri Satu Atap Kairatu Kabupaten Maluku Tengah. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 6(1), 40–45.

Piatmini, K. H., Budiningsih, D. N., & Paraniti, A. A. I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Melalui Pembuatan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Mind Mapping Siswa Smp Negeri 5 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(1), 37–48.

Purwanti, S. (2017). Penerapan small group discussion untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa pgsd uad. Jurnal DIALETIKA Jurusan PGSD, 7(1), 10–19.

Purwanto, N.M. 2003. Psikologi pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Putriawati, W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 80.

Ratnani, D. A. S., & Arjaya, I. B. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas X Sma(Slua) Saraswati I Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 210–223.

Saraswati, N. F., & Djazari, M. (2018). Implementasi Metode Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas X Akuntansi Smk Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2).

Satriani. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375–401.

Downloads

Published

2023-09-29