PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 11 DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Wahyunita Savitri Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Dewa Putu Juwana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.6069

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Aktivitas Belajar, Biologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan semua siswa di kelas XI MIPA 1. Data tentang aktivitas belajar diperoleh dari pedoman lembar pengamatan yang digunakan pada siklus I dan siklus II. Analisis hasil aktivitas belajar siswa dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peningkatan rata-rata dari 61,91% dalam kategori kurang menjadi 81,51% dalam kategori baik yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peneliti lain harus terus melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam biologi dan mata pelajaran lain karena ini secara langsung meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922.

Deliani, N. (2018). Upaya Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan strategi belajar peta konsep pada pembelajaran PKN kelas V SDN 3 Mengandungsari kec. Sekampung Udik kab. Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Hamalik, O. (2004). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(2807-5536), 89–100.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111.

Suherman, E., & Winataputra, U. S. (1992). Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surat, I. M. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Diferensiasi Progresif Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA 3 SMA Taman Rama Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 20(2).

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689.

Downloads

Published

2023-09-29