PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-RAISE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • I Gusti Ngurah Yuda Pranata SMP Negeri 4 Sukawati

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.5963

Keywords:

E-RAISE, kearifan lokal Bali, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 4 Sukawati tahun pelajaran 2021/2022 setelah diterapkan model pembelajaran E-RAISE. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Sukawati pada tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode observasi dan metode tes untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar IPA. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada siklus I sebesar 77% yang berada pada kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85% berada pada kategori tinggi. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata persentase hasil belajar IPA siswa sebesar 8%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran E-RAISE pada materi ekosisten berbmuatan kearifan lokal Bali dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sukawati tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, P. B. (2016). Subak sebagai Media Pembelajaran Biologi Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional MIPA. Singaraja: 15 Agustus 2016.

Agung, A. A. Gede. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Hermawan, I. M. S., & Susilo, H. (2018). Konsep Literasi Lingkungan dalam Perspektif Budaya Tri Hita Karana Masyarakat Bali: Sebuah Kajian Literatur. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Mataram: 8 Juni 2018

Hermawan, I. (2018). E-raise: model integrasi budaya dalam pembelajaran biologi serta pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan literasi lingkungan siswa SMA di Kota Denpasar/I Made Surya Hermawan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204-210.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64.

Pranata, I. G. N. Y., Arnyana, I. B. P. & Swasta, S. I. B (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Karakter Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. 6(1).

Pranata, I. G. N. Y., & Arnyana, I. B. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(1), 21-30.

Suastra, I. W. (2010) "Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP." Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 43(20), 8-16.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sukmadinata. (2010). Metode penenelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1(26) 263-278.

Downloads

Published

2023-03-31