IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA PEMBEJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI 26 PEMECUTAN

Authors

  • Ni Nyoman Tri Wahyuni Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Putu Suweka Oka Sugiharta Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Wayan Eka Biasa Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.5124

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Pembelajaran Jarak Jauh, SD Negeri 26 Pemecutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan di SD Negeri 26 Pemecutan pada saat pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data ini dikumpulkan dengan teknik observasi non partisipan, wawancara tak terstruktur, angket tertutup, dan kuisioner terbuka. Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, kegiatan pembelajaran dilaksanakan jarak jauh. Demikian pula pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. Di SD Negeri 26 Pemecutan sebelumnya dilaksanakan kegiatan literasi dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai serta kunjungan rutin ke perpustakaan seminggu sekali, namun pada pembelajaran jarak juah tidak dapat dilaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.  Pada saat pembelajaran jarak jauh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 12 Pemecutan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti literasi di awal pembelajaran, pelatihan membaca nyaring untuk siswa, orang tua, dan guru, guru melakukan apersepsi, sekolah aktif dalam kegiatan festival literasi sekolah serta peserta didik membuat video bercerita. Kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik meskipun dilaksanakan secara jauk jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Chusni, M.M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D.P., Lubis, R., Wellyana., Fitriani, A., Noviyanto T.S.H., Herlina, M., Wardani, K.D.K.A., Parera, M.M.A.E., & Rahmadani, F. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka

Kamaruddin, S.A. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal Character Education and Students Social Behavior. 223-230

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar. 81-98

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Teguh, M. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional , 18–26.

Nidawati. (2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Pionir. 13-28

Rahayu, T. (2016). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. The Progressive and Fun Education Seminar. 179–183.

Rahiem, M.D.H., Abdullah, N.S.M., & Rahim, H. (2020). Stories and Storytelling for Moral Education: Kindergarten Tacher’s Best Practices. Journal of Early Childhood Education. 2(1). 1-20.

Trimuliana, I., Zulfikar, M.P., & Permana, R. (2022). Aktivitas Fisik Sebagai Model Pembelajaran Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Downloads

Published

2022-09-26