PERUBAHAN KONSEPTUAL MELALUI PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN KAJIAN WEDA PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.5082Keywords:
Perubahan Konseptual, Laboratorium Virtual, Kajian WedaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perubahan konseptual dalam pembelajaran melalui penerapan laboratorium virtual dan kajian Weda serta untuk mengetahui dampak penerapan terhadap perubahan konseptual. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar IPA yang diakibatkan oleh kurangnya penguasaan konsep ilmiah mahasiswa. Variatifnya respon jawaban uraian menunjukkan mahasiswa cenderung mengalami miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah 45 orang mahasiswa semester IV pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui perubahan konseptual pada sebelum dan sesudah perlakuan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda beralasan dan dipadukan dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Data berupa jawaban dari tes tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan Model Miles & Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi perubahan konseptual pada mahasiswa. Pola perubahan konseptual mahasiswa yaitu berubah positif, berubah negatif, bertahan positif dan bertahan negatif. Rata-rata tertinggi terdapat pada pola konsepsi IV yaitu sebesar 60,85%. Selain itu, miskonsepsi mengalami penurunan sebesar 43,75%. Penerapan laboratorium virtual dan kajian Weda merupakan suatu inovasi proses pembelajaran yang memberikan dampak positif bagi perubahan konseptual.
Downloads
References
Afandi, & Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Gunarhadi & Sumarwati (eds.); I). UNS Press.
Arends, R. I. (2013). Belajar untuk Mengajar (D. Mandasari (ed.); 9th ed.). Mc Graw Hill Education dan Salemba Humanika.
Jayanti, P., & Sri Rahayu, Y. (2019). JPPS ( Jurnal Penelitian Pendidikan Sains ) Comparative Study: Misconceptions on Photosynthesis and Respiration Concepts. 9(1).
Lappi, O. (2013). Qualitative Quantitative and Experimental Concept Possession, Criteria for Identifying Conceptual Change in Science Education. Science and Education, 22(6), 1347–1359. https://doi.org/10.1007/s11191-012-9459-3
Mardiyah, A., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2020). Five Levels Conceptual Change: Perubahan Konseptual Siswa Melalui Model Learning Cycle 6E pada Konsep Dinamika Rotasi. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–10.
Muchyar, L. D. A., Widodo, A., & Riandi. (2015). Profil Perubahan Konseptual Siswa pada Materi Kependudukan dan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(01), 65–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v20i1.565
Nugroho, A. (2021). Efektifitas Laboratorium Virtual Dalam Pembelajaran Praktikum Analisis Farmasi Pada Mahasiswa Farmasi Saat Pandemic Covid-19. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 3(1), 317–324. https://doi.org/10.20885/rpi.vol3.iss1.art1
Pebrianti, D., Hairunnisyah, S., & Sutrio. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika Pada Siswa Kelas X Sman 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 2(1), 150. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v2i1.296
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD (B. S. Fatmawati (ed.); Pertama). Bumi Aksara.
Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Laboratorium Maya Dalam Pembelajaran Kompetensi Keterampilan Kimia Pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Guru Indonesia, 1(1), 1–7. https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/jgi/index
Rowlands, S., Graham, T., & William, P. (2004). Misconception of Force: Spontaneous Reasoning or Well Performed Ideas Prior to Construction. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics, 24, 51–56.
Sastrawan, K. B. (2018). Filsafat ilmu pengetahuan kitab suci weda. Genta Hredaya_STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Vol. 2 No., 37–44.
Setiawati, G. A. D., Arjaya, I. B. A., & Ekayanti, N. W. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Kelas Ix Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 03(02), 17–31.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius.
Suryanto, A., & Hewindati, Y. T. (2002). Pemahaman Murid Sekolah Dasar (SD) terhadap konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Biologi: Suatu Diagnosis Adanya Miskonsepsi.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran (M. Sandra (ed.); I, Cetakan). Ar-Ruzz Media.
Treagust, D. (1986). Evaluating students’ misconceptions by means of diagnostic multiple choice items. Research in Science Education, 16(1), 199–207. https://doi.org/10.1007/BF02356835
Yuniarti, F. (2011). Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/6881/1/7475.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FKIP Unmas Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.