STRATEGI KEPALA MAN 1 LOMBOK TIMUR DALAM MELAKUKAN PERSONAL BRANDING “MADRASAH BERPRESTASI” MELALUI MEDIA SOSIAL

Authors

  • LL. Abdul Muhyi Abidin Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Bukhori Muslim Universitas Nahdlatul Wathan Mataram
  • Desi Suryati Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.4964

Keywords:

Personal branding, Madrasah, Media sosial

Abstract

Sebelum abad ke-20, madrasah sering dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua di bawah lembga pendidikan sekolah umum. Namun, sering dengan perkembangan zaman, citra madrasah di tengah-tengah masyarakat menjadi positif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pengelola madrasah dalam melakukan personal branding. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan strategi kepala MAN 1 Lombok Timur dalam melakukan personal branding “Madrasah Berprestasi” melalui media sosial Facebook dan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil yang diperoleh yakni terdapat empat strategi yang digunakan dalam melakukan personal branding yakni strategi determine who you are, determine what you do, position yourself, dan manage your brand. Adapun prinsip yang diterapkan yakni prinsip authenticity, integrity, consistency, goodwill, dan persistence. Dengan demikian branding MAN 1 Lombok Timur sebagai madrasah berprestasi dikenal oleh masyarakat secara luas melalui media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albar, M. K. (2021). Respons dan Minat Masyarakat terhadap Madrasah Terakreditasi A. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(1), 1-20.

Butar, C. R. B., & Ali, D. S. F. (2018). Strategi personal brand ing selebgram non selebriti. Profesi Humas, 2(2), 86-101.

Hamdallah, F. (2021). Pengaruh Personal Brand ing Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Bandung Kabupaten Bandung. Prosiding Manajemen, 7(1), 21-29.

Haroen, D. (2014). Personal brand ing. Gramedia Pustaka Utama.

Inami, D. F. L., & Nurislaminingsih, R. (2019). Analisis Bentuk Personal Branding Pustakawan Melalui Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Media Sosial Pustakawan di Kota Semarang, Salatiga, dan Yogyakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 131-140.

Nisa, Y. (2020). Penciptaan Citra Positif Madrasah dan Implikasinya terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru di MAN 2 Brebes (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Mc Nally & Speak. (2011). Be your own brand: achieve more of what you want by being more of who you are. San Fransisco: Berret Koehler Publishe.

Mundiri, A. (2016). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Membangun Branding Image. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).

Puspita, A. T., Kania, R., & Sagita, D. (2019). Strategi Personal Branding Denny Santoso (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94-101.

Rangkuti, F. (2013). Strategi Semut Melawan Gajah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sofanudin, A. (2012). Minat Masyarakat Terhadap Model Pendidikan Madrasah di Magelang dan Demak. Edukasi, 10(3).

Downloads

Published

2022-09-20