UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DAN PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v4i2.455Keywords:
Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif Tipe STAD, Statistika, PeluangAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan Persentase peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa ( ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB) dari siklus I ke siklus II, berturut-turut sebesar: 6,50%; 6,50%, dan 44,4%. X Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran statistika dan peluang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.