UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DAN PELUANG

Authors

  • I Made Dharma Atmaja Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v4i2.455

Keywords:

Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif Tipe STAD, Statistika, Peluang

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sampai dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 12 Denpasar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukan Persentase peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa ( ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB) dari siklus I ke siklus II, berturut-turut sebesar: 6,50%; 6,50%, dan 44,4%. X  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran statistika dan peluang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-07-24