MODEL EKSPOSITORI DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM KOMPETENSI DASAR "MEMFAKTORKAN BENTUK ALJABAR"

Authors

  • Ni Made Suniti SMP Negeri 3 Tampaksiring

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v5i2.437

Keywords:

Prestasi belajar, model ekspositori

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tampaksiring di kelas VIIIA semester ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara menerapkan model ekspositori dalam kompetensi dasar”Memfaktorkan Bentuk Aljabar” dalam proses pembelajaran. Data yang dikumpulkan adalah data kwantitatif berupa hasil belajar menggunakan instrument test. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Setelah berakhir melakukan analisis data diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar sudah dapat diupayakan. Hal tersebut terbukti dari kenaikan nilai siswa dari rata-rata 65,63 pada siklus I meningkat menjadi 68,85 dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 72,75. Simpulannya adalah model pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika.pada kompetensi dasar”memfaktorkan bentuk aljabar”

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-07-25