HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIALAMI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Kolivia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nazaryo Radja Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kelik Wachyudi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Acep Bahrum Kamil Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i2.3634

Keywords:

COVID-19, pembelajaran daring, studi pustaka

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan perubahan yang signifikan pada proses belajar dan mengajar. Dengan memperhatikan dampak tersebut maka penelitian ini membahas mengenai hambatan-hambatan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvetigasi kendala yang selama ini ditemukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang diguanakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data diperoleh dari artikel penelitian sebelumnya, peneliti mencari artikel yang relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, dan penarikan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga hambatan yaitu: 1) sarana prasarana atau fasilitas yang kurang memadai, 2) kesulitan mahasiswa dalam memahami materi, dan 3) keterbatasan kemampuan dosen dalam memanfaatkan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, A. (2020) Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282-289.

Efriana, L. (2021). Problems of Online Learning During Covid-19 Pandemic in EFL Classroom and the Solution. Journal of English Language Teaching and Literature, 2(1), 38-47.

Hutauruk, A & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1).

Lee, M. J. W., & Chan, A. (2007). Reducing the effects of isolation and promoting inclusivity for distance learners through podcasting. Turkish Online Journal of Distance Education, 8, 85-105.

Luthra, P. (2020). Covid-19’s staggering impact on global education. World Economic Forum.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Mohd N. N. F., Hamat, A., & Embi, M. A. (2012). Patterns discourse in online interaction: Seeking evidence of the collaborative learning process. Computer Assisted Language Learning, 25, 237–256.

Napitupulu, R.M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1).

Prawanti, L.T. & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Sadikin A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2).

Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA.

Willging, P. A., & Johnson, S. D. (2004). Factors that influence students’ decision to drop out of online courses. Journal of Asynchronous Learning Networks, 8, 105-118.

Yunus, M., Setiawan, D., & Wuryandini, E. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online pada masa Pandemi COVID-19. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 1196-1202.

Downloads

Published

2022-09-20