HOME VISIT: METODE MENGATASI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I-B SDN 2 DANGIN PURI SELAMA MASA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN
Keywords:
Kesulitan membaca, Pembelajaran dalam jaringan, Home visitAbstract
Sebagian besar siswa Kelas I-B SDN 2 Dangin Puri mengalami kesulitan membaca selama pembelajaran dalam jaringan. Kesulitan membaca menyebabkan terjadinya kesulitan penyampaian materi serta kendala dalam proses evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui keefektifan metode home visit selama pembelajaran dalam jaringan untuk mengatasi kesulitan membaca siswa. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa Kelas I-B SDN 2 Dangin Puri. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama kegiatan home visit dan perkembangan keterampilan membacanya. Analisis kuantitatif dilakukan dengan mengukur kategori keterampilan membaca siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa berjalan dengan lebih baik dan terarah karena siswa lebih termotivasi dan mendapatkan instruksi yang jelas dari guru. Secara kuantitatif, keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dari kategori kurang sebelum tindakan menjadi kategori baik setelah tindakan. Secara klasikal, kesulitan membaca pada hampir seluruh siswa telah dapat diatasi. Oleh karena itu, metode home visit dianggap berhasil untuk mengatasi kesulitan membaca siswa. Metode ini dapat dijadikan alternatif bagi guru yang mengalami kendala serupa selama penerapan pembelajaran dalam jaringan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.