PEMBELAJARAN INTERACTIVE ENGAGEMENT BERBANTUAN VIDEO MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 SELEMADEG BARAT

Authors

  • Suasta I Gede SMP Negeri 1 Selemadeg Barat

Keywords:

Interactive Engagment (IE), Media video pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran IE berbantuan Media video Pembelajaran dalam pembelajaran IPA kelas  IX A SMPN 1 Selemadeg Barat tahun pelajaran 2018/2019. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data respon siswa dikumpulkan dengan angket respon siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran mengalami peningkatan.  Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra PTK 70,94 meningkat menjadi 81,63 pada siklus I dan 84,75 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada pra PTK hanya mencapai 40,63%. Selanjutnya pada siklus I ketuntasan yang dicapai siswa meningkat menjadi 78,13%, dan pada pada siklus II ketuntasannya 87,50%. Hasil analisis respon siswa terhadap model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran  memperoleh rata-rata 61,44  (sangat positif). Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar model pembelajaran IE berbantuan media video pembelajaran dapat diterapkan pada kelas yang memiliki masalah serupa untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-31