PENGGUNAAN MOODLE BERMEDIA CROSSWORD PUZZEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 2 KUTA
Keywords:
Hasil belajar siswa, Moodle, Crossword PuzzleAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 32 orang. Objek penelitian adalah hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data diperoleh melalui tes hasil belajar dan nilai crossword puzzle, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan, penggunaan aplikasi Moodle bermedia crossword puzzle dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Kuta pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar IPA pada pra siklus sebesar 62,5 dengan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 72 dengan ketuntasan 69%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78 dengan ketuntasan 91%.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JSP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.