PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN APLIKASI GOOGLE MEET BERBANTUAN WHATSAPP

Authors

  • Suwija I Ketut Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Hayati Embun Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Perbedaan, Hasil belajar matematika, Google Classroom, Google Meet, Berbantuan WhatsApp

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah dengan menggunakan bantuan dari aplikasi yang dapat menunjang kelas online, diantaranya ada aplikasi Google Classroom dan Google Meet berbantuan WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom dengan aplikasi Google Meet berbantuan WhatsApp pada siswa kelas X IPA di SMAN 6 Denpasar. Jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen dengan desain “Posttest Only Control Group Design”. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Kelas yang dijadikan sebagai sampel diantaranya kelas X IPA 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Classroom dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan aplikasi Google Meet berbantuan WhatsApp.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-31