UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT
Keywords:
Sains Teknologi Masyarakat, pemahaman konsep siswaAbstract
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dari observasi awal hingga akhir siklus kedua. Saat observasi, nilai rata-rata siswa sebesar 68,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 30,55%. Pada akhir siklus pertama terjadi peningkatan nilai siswa menjadi 74,03 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Lebih lanjut, terjadi pula peningkatan pada akhir siklus kedua dengan nilai rerata siswa menjadi 85,85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 97,22%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini telah mencapai target keberhasilan tindakan yaitu ketuntasan klasikal >85%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Lebih lanjut, bagi para guru yang mengalami kendala serupa, model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pemecahan permasalahannya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JSP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.